Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan asesmen sumatif pada akhir jenjang pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah merilis kisi-kisi Asesmen Madrasah (AM) Tahun Ajaran 2024/2025. Kisi-kisi ini ditujukan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab di jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan (MA/MAK).
Penyusunan kisi-kisi tersebut mengacu pada Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 Tahun 2019 dan KMA Nomor 450 Tahun 2024, yang menjadi dasar dalam mengukur kompetensi siswa. Kisi-kisi ini akan digunakan sebagai pedoman bagi para guru dalam menyusun naskah soal asesmen yang sesuai dengan standar dan kebutuhan pembelajaran.

Kementerian Agama juga menegaskan bahwa penyusunan naskah soal harus menghindari konten yang mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan), politik praktis, provokasi, pornografi, kekerasan, serta hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Selain itu, jumlah soal asesmen akan disesuaikan oleh masing-masing madrasah berdasarkan kebutuhan untuk mengukur kompetensi siswa secara proporsional. Langkah ini diharapkan mampu memberikan fleksibilitas sekaligus memastikan asesmen berjalan dengan baik sesuai konteks lokal masing-masing madrasah.
Kementerian Agama menyampaikan apresiasi atas perhatian dan kerja sama seluruh pihak dalam menyukseskan pelaksanaan Asesmen Madrasah ini. Diharapkan, asesmen yang dirancang secara cermat ini dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan mutu pendidikan di madrasah.
silahkan Download dibawah ini :
Download Kisi-kisi Asesmen Madrasah Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Tahun Ajaran 2024/2025